Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah mahasiswa administrasi bisnis angkatan 2007. skripsi saya mengenai UMKM di Kasongan Yogyakarta. konsentrasi penelitian saya mengenai lingkungan industri dan marketing. next time, saya akan konsen di manajemen strategis untuk perusahaan besar, dan UMKM. tujuan utama saya mengejar beasiswa s2. semnagtt Hidup, Bergerak dan Tuntaskan Perubahan!!!

Minggu, 26 Desember 2010

EVOLUSI DAN SEJARAH KEHIDUPAN DI BUMI

EVOLUSI : Perubahan kompleksitas susunan tubuh dan keragaman dari mahluk hidup di bumi yang terjadi secara perlahan-lahan dan terus menerus. Dapat ditunjukkan dari fosil-fosil yang terdapat pada batuan dari berbagai umur.

Teori evolusi :
a. Teori Lamarck (Perancis) : Evolusi tjd krn adaptasi; sifat-2 baru karena pengaruh lingkungan diteruskan ke keturunannya. Dia membagi bioligi menjadi Botani dan Zoologi.
b. Teori Darwin : Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup pd masa lampau. Evolusi terjadi melalui seleksi alam. Seleksi alam terjadi karena sebab-sebab al:
1.Adanya variasi (tdk ada dua individu yang mempunyai sifat benar-benar sama, sekalipun dalam satu spesies)
2.Over produksi (populasi berlebih karena reproduksi)
3.Struggle for existence (individu mempertahankan hidupnya)
4.Enheritance of variation (individu yang sesuai dg lingkungannya yang bertahan hidup.
5.Survival o the fittest (individu yang kuat yang bertahan hidup.
c.Teori Darwin-Weisman : Pada jaman Darwin belum mengenal gen dan kromosom. Weisman melengkapi teori Darwin dengan pernyataan :
1.Evolusi mrp masalah genetika, pewarisan gen melalui perkawinan.
2.Sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor genetik.


d.Teori De Vries (Botanikal Belanda) : Perubahan pada evolusi disebabkan oleh adanya mutasi gen. Mutasi adalah perubahan sempurna dalam gen yang mengakibatkan perubahan sifat pada keturunannya. De Vries memadukan Teorinya dengan teori Darwin menjadi sbb :
1.Organisme dengan ciri pembawaan yang baru (sebagai hasil mutasi) tampak dengan segera (tdk perlahan-lahan).
2.Mutasi dapat membuat organisme terpengaruh ataupun tidak terpengaruh oleh lingkungan.
3.Sebagai hasil dari seleksi alam, organisme dengan mutasi yang baik kebanyakan dapat hidup lebih lama.
4.Sejak hasil mutasi dapat diturunkan, perubahan-perubahan dapat diharapkan akan berlangsung terus dan spesies dengan sifat yang baru akan terus terbentuk.
Teori Evolusi yang dapat diterima oleh para Biolog sekarang adalah Perpaduan Teori Darwin dengan De Vries tersebut.

Sejarah kehidupan di Bumi berdasarkan penemuan fosil
a.Zaman Azoikum, belum ada kehidupan, + 5 milyar tahun yll
b.Zaman Archeozoikum (Purba), (+ 2 sampai 3,5 milyar tahun yll), keadaan bumi cukup dingin, ada benua, samudra, sungai dan gunung.
c.Zaman Proterozoikum (+ 1 milyar tahun yll), hidup binatang bersel satu (protozoa).
d.Zaman Paleozoikum (Primer) (+ 200 - 600 juta tahun yll), Terbagi mulai tertua : Kambrium, Ordovisium, Silurian, Devontan, Karboniveros dan Permiaran. Mulai tertua terdapat : binatang laut tak bertulang belakang, ikan, tumbuhan daratan, amfibi, insekta, reptil, hutan lebat, dan reptil besar.
e.Zaman Mesozoikum (Sekunder) (+ 230 - 135 juta tahun yll), terbagi 3 periode : trias (terdapat reptil besar misal Dinosaurus), Yuras (mulai ada burung dan mamalia/menyusui), dan Kreta (mulai musnahnya Dinosaurus dan berkembangnya Angiosperma
f.Zaman Kenozoikum (Nezoikum =zaman baru) (+ 70 juta tahun yll sampai sekarang), terbagi 2 masa : Tertier (+ 70 - 10 juta tahun yll) terdapat perkembangan mamalia sampai adanya hutan, buah-buahan dan kera. Kuarter ((+ 6 juta tahun yll sampai sekarang), terbagi dua : Z. Pleistosen /Deluvium (hidup manusia purba), dan Z. Holocen / Aluvium (hidup beraneka mahluk hidup seperti sekarang).

SISTEM KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP DI BUMI
(Binomial Nomenklatur dari Linnaeus)

Di bumi ada jutaan organisme/mahluk hidup. Untuk memudahkan maka dibuatlah sistem klasifikasi. Sistem yang dipakai oleh semua ahli biologi hingga sekarang adalah sistem binomial dari Linnaeus. Semua mahluk hidup dibagi dalam 2 bagian besar (yi Dunia Tanaman dan Dunia Hewan). Kemudian dibagi lagi dalam Phylum (Divisio pada tumbuhan), kelas, ordo, familia, genus, spesies, dan ras (varietas pada tumbuhan). Spesies adalah kumpulan tanaman atau hewan yang mempunyai banyak persamaan (mempunyai hubungan struktural dan fungsional yang sama) dan dapat mengadakan perkembangbiakan satu sama lain. Pada setiap spesies diberi nama dengan 2 kata. Kata pertama adalah nama Genus mana huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf besar, kata kedua adalah petunjuk spesies. Familia adalah kumpulan dari spesies yang mempunyai banyak persamaan.

Dunia Tumbuhan
1.Divisio Thallophyta (tdk punya akar, batang, daun sebenarnya. Ada yang Uniselluler ada yang multiselluler, terbagi 2 Sub Divisio (Ganggang dan Jamur). Ganggang punya klorofil sehingga dapat membuat makanan sendiri, dibagi 4 kelas : biru hijau, hijau, coklat, merah. Jamur tidak punya klorofil, hidupnya tergantung dari organisme. Bakteri termasuk jamur. Ada yang hidup parasit (menempel pada organisme hidup) ada yang saprofit (menempel pada organisme yang mati. Ragi adalah jamur yang berguna bagi manusia, krn tumbuhan ini memperbanyak diri sambil mengeluarkan sekresi kimia yang dapat mengubah gula menjadi alkohol pada proses fermentasi.
2.Divisio Briophyta = lumut, (punya klorofil dan daun sederhana serta bagian yang menyerupai akar dan batang), dibagi 2 kelas : lumut hati dan lumut daun.
3.Divisio Pteridophyta : tumbuhan sudah mempunyai akar, batang dan daun yang sebenarnya. Namun reproduksinya masih dengan spora.
4.Divisio Spermatophyta : Rumput-rumputan dan polongan. Punya perakaran yang luas untuk menyerap air dan mineral. Reproduksi dengan biji. Dibagi 2 Sub Divisio : Gymnospermae (tanaman berbelahan biji terbuka, misal Coniferae/cemara belahan biji terbuka pada conus yang betina) S.D. Angiospermae (punya organ reproduksi yang disebut bunga, biji sebagai hasil reproduksi seksual yang terdapat di dalam buah, Merupakan sub divisio yang paling tinggi tingkatannya, ada sekitar 140.000 spesies berbentuk semak, perdu dan pohon). S.D. Angiospermae dibagi dalam 2 kelas : Kelas Monokotil (tanaman berbelahan biji satu, tulang daunnya panjang dan sejajar tersusun saling berdekatan). Termasuk Nomokotil adalah Familia Liliaceae, Orchidaceae, Iridaceae, Graminae, Palmae dan Musaceae. Kelas Dikotil (tanaman berbelahan biji dua, tulang daunnya menyirip atau menjari). Termasuk Dikotil adalah Familia Leguminose, Compositae, Libiatae, dan Solanaceae.

Dunia Hewan

Dunia hewan terbagi atas Avertebrata (tidak punya tulang punggung/belakang) dan Vertebrata (mempunyai tulang belakang). Dibagi atas 10 Phylum.
Phylum 1. Protozoa, hewan bersel satu. Ditemukan pada air yang menggenang, danau dan laut. Dibagi dalam 4 kelas (Sarcodina, Infusoria, Mastigophora, dan Sporozoa).
Dari Kelas Sarcodina, Genus Amoeba : salah satu bentuk paling sederhana dari protozoa. Merupakan masa protoplasma yang tidak mempunyai bentuk tertentu. Makanan segera dikelilinginya dan dicernakan oleh Vakuola makanan.
Dari Kelas Infusoria, Genus Paramaecium : mempunyai rambut getar disebut cilia yang menutupi bagian luar sel yang digunakan untuk bergerak. Mempunyai 2 vakuola yang kontraktil untuk mengeluarkan sisa cairan dan vakuola makanan untuk mencernakan makanan.
Dari Kelas Mastigophora, Genus Euglena : mempunyai cambuk yang panjang (flagelum), punya klorofil. Punya mulut bergerak dengan flagelum, tidak punya dinding sel.
Dari Kelas Sporozoa, golongan parasit, ada yang hidup di tubuh manusia ataupun hewan, misal penyebab malaria.---) tripanosoma
Phylum 2. Porifera (termasuk hewan bunga karang/ spons.. Hewan bersel banyak dimana masing-masing sel saling berhubungan. Kebanyakan hidup di lautan pada air garam yang panas. Hanya sedikit yang hidup di air sungai dan danau dengan air tawar. Bunga karang yang dipakai untuk gosokan mandi adalah hewan bunga karang yang sel-selnya sudah mati dan hanya tinggal skeletnya.

Phylum 3. Coelentara = bunga laut, misal ubur-ubur (Jelly fish), tampak seperti mangkuk tembus cahaya, sengatannya sangat berbahaya.
Phylum 4. Plathelminthes : Cacing gepeng/cacing pita, saluran pencernannya hanya mempunyai satu lubang yang berfungsi sebagai jalan pengambilan makanan dan sekaligus pengeluaran sisanya.
Phylum 5. Nemathelminthes = Cacing bundar, umumnya sebagai parasit. Saluran pencernaannya mempunyai dua lubang, tidak bersegmen, tubuhnya terdiri dari 3 lapis sel. Genusnya : Cacing tambang. Larvanya hidup dalam tanah yang lembab maupun panas. Masuk tubuh manusia melalui kulit kaki yang tipis.
Phylum 6. Annelida; cacing yang kompleks dengan struktur tubuh yang sudah maju. Contoh Cacing tanah.. Sering melekat pada ikan.
Phylum 7. Echinodermata, bintang laut, mempunyai kulit yang berduri, tubuhnya tersusun seperti roda atau bintang yang radial simetris. Mempunyai Jaringan Saraf tetapi tidak mempunyai otak.
Phylum 8. Mollusca = hewan bertubuh lunak dan tidak bersegmen, kebanyakan mempunyai kulit pelindung, terdapat di darat, laut dan air tawar. Kerang tiram dan remis adalah bivalvula (mempunyai 2 katup). Telah diketahui lebih dari 90.000 spesies.
Phylum 9.Arthropoda.: telah diidentifikasi lebih dari 70.000 spesies. Merupakan Avertebrata yang paling kopleks. Cirinya adalah mempunyai 3 pasang, atau lebih kaki tambahan. Kelasnya meliputi kelas Crustacea, miriapoda,Arachnoidea, dan insekta.
Kelas Crustacea = udang karang, kepala dan badan berhubungan menjadi satu, bernafas dengan insang, menyelimuti tubuhnya terdapat kulit yang keras, punya 5 pasang kaki dan2 pasang antena peraba.
Kelas Myriapoda : Bentuknya seperti cacing, berkaki banyak, mempunyai eksoskeleton yang lunak, tiap segmen tubuhnya mempunyai 1 atau 2 pasang kaki.
Kelas Arachnoidea :tubuh terdiri 2 bagian kepala dan dada menjadi satu dengan bagian perut disebut abdomen. Mempunyai 4 pasang kaki, misal Kalajengking, laba-laba, kutu dan kepiting.
Kelas Insekta, merupakan kelas terbesar pada Arthropoda; contoh lalat, nyamuk, kupu-kupu dan belalang, semut dan kumbang.

Phylum 10. Chordata: Punya tulang belakang. Dibagi 4 Sub Phylum : Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata, dan vertebrata.
subphylum vertebrata merupakan subphylum yang paling terkenal dan paling dominan, mempunyai sistem syaraf yang sudah maju perkembnangannya., dengan otak yang besar, diliputi oleh rongga tengkorak. Mempunyai endoskelet yang terdiri atas : (1) axial skelet (termasuk tengkorak dan tulang belakang., (2) appendekuler skellet termasuk gelang bahu. Pecoral dan gelang panggul (Pelvic), mempunyai jantung yang beruang-ruang, dan sistem sirkulasi yang sudah maju beserta darah merahnya. Terdapat sumsum tulang belakang (medulla spinalis). Terdapat rongga-rongga badan, satu berisi sistem sayaraf, yang satu lagi berisi organ-organ lainnya. Pada semua vertebrata di daerah kepalanya terdapat mata, telinga dan hidung. Vertebrata dibagi atas 5 kelas : Ikan (pisces), Amfibi (amohibi), reptil (Reptilia) , burung (aves), dan Hewan menyusui (Mamalia). Pembagian vertebrata ini adalah atas dasar suhu badan, cara bernafas, mekanisme reproduksi, dan alat pelindung tubuh. Manusia termasuk dalam kelas Mamalia.
Mamalia merupakan kelas yang paling maju dalam perkembangannya. Berdarh banas, jantung beruang 4, bernafas dengan paru-paru, dinding diafraghma, dan 7 ruas tulang leher. kulitnya berbulu.

Ordo-ordo lain :
1.Mamalia tidak bergigi (misal Armadillo)
2.Marsupialia (misal Kanguru, dengan kantong anaknya)
3.Mamalia yang menyerupai ikan ( misal Paus dan lumba-lumba)
4.Rodentia, hewan pengerat, (misal tikus, tupai)
5.Hewan pemakan serangga (misal tikus mondok)
6.Mamalia bersayap; (misal kelelawar)
7.Carnivora : Mamalia pemakan Daging
8.Mamalia berkuku : punya gigi molar yang kuat, kebanyakan pemakan tumbuhan (herbivora)
9.Mamalia yang berjalan tegak, primata, ordo paling maju; contoh Kera, orangutan, baboon, goriilla, simpamse. Sistem syarafnya sudah berkembang, otak terutama bagian cerebrum sudah berkembang. Mempunyai 5 jari kaki dan tangan, dengan ibu jarinya mempunyai kedudukan yang sedemikian rupa untuk memegang sesuatu bersama jari-jari lainnya.

DI Tulis oleh Bp. Sutrisno pengampu mata kuliah IAD dari Dosen Fak. Peternakan UNDIP

1 komentar:

  1. How to Play Casinos Online - Pogo Nigeria
    When gambling is offered by the site, there are numerous 블랙 벳 options to make and 메이저 벳 먹튀 other options for you. 피나클 How 888스포츠 to seda bet Play Casinos Online.

    BalasHapus